Informasi harga review keunggulan motor mobil terbaru dan spare parts suku cadang onderdil otomotif terbaik tahun 2014

Cara Kerja Pompa Oli Mesin Mobil

by Sri Mayanti , at 23.08
Cara Kerja Pompa Oli Mesin Mobil...
Pelumas dalam kerja mesin penggerak termasuk kendaraan roda empat mobil memiliki peranan penting, sebab ketika mesin dalam keadaan hidup maka akan dipastikan tekanan gesekan semakin kencang. Rancangan block mesin didesain sedemikian rupa dengan dilengkapi pompa oli yang disimpan pada bagian bawah mesin. Fungsi pompa oli adalah untuk memutarkan aliran oli yang telah turun ke bawah kembali naik ke atas.

Tulisan pada in-bagus ini membahas tentang bagaimana cara kerja pompa oli mesin berkerja. Bila ada indikasi mesin mobil ada cepat panas ada kemungkinan pompa oli mobil tersebut tidak bekerja optimal. Perlu diketahui bahwa pompa oli tersebut digerakan oleh komponen bernama crankshaft ataupun ada juga oleh camshaft (sumbu nok).

Fungsi dari pompa oli mesin mobil tersebut selain untuk menarik oli dari bagian bawah sehingga berputar kembali bersirkulasi ke seluruh bagian mesin, juga sebagai penyaring dari oli yang telah kotor. Penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja pompa oli dapat dilihat pada skema gambar pompa oli mesin mobil pada umumnya seperti Mobil Toyota Avanza, Kijang Kapsul, Daihatsu Xenia, Suzuki APV dan mobil sekelas sedan seperti Honda Accord, Jazz, Suzuki Baleno dan sebagainya.

Macam-macam pompa oli mesin pada bagian sparepart mobil ada dua jenis; pertama pompa roda gigi dan pompa Trochoid. Bagaimana perbedaan keduanya kita lihat satu per satu.

1. Pompa Oli Trochoid
Gambar di bawah merupakan bentuk pompa oli model Trochoid dimana komponen yang paling serik rusak adalah Drive Rotor. Penyebab melamahnya putaran rotor tersebut akibat aus ataupun oli sudah terlalu encer dan dipaksakan.
Gerak putar Pompa oli type trochoid ini karena ada dua poros yang bila salah satu dirven rotor bagian dalam berputar maka rotor luarpun ikut bergerak, sehingga pelumas oli yang ada dilorong tersebut muncrat keluar.
Umumnya pompa pelumas mesin Trochoid ini digunakan oleh mobil lama yang masih menggunakan karburator.

2. Pompa Oli Roda Gigi
Disebut dengan pompa oli roda gigi karena memang terbentuk dari 2 roda gigi / Driven Gear yang saling berhubungan. Terdapat dua type jenis roda gigi yaitu internal gear dan eksternal gear.
  • Pompa oli Tipe internal gear - Roda gigi yang digerakkan (driven gear) digerakkan oleh roda gigi penggerak yang dihubungkan langsung ke camshaft, ruang volume dibentuk oleh dua gigi yang berubah-ubah saat berputar. Tipe ini memiliki konstruksi yang sederhana dan kemampuannya dapat diandalkan.
Internal Gear
  • Pompa oli Tipe external gear - Sama halnya seperti model internal ada drive gear & driven gear untuk memompa oli seperti terlihat pada gambar disamping. Aliran oli juga terlihat seperti gambar. Tipe ini sudah lama digunakan karena konstruksinya lebih sederhana dan lebih akurat.
Gambar Pompa oli Eksternal Gear
Pengalaman penulis ketika berkonsultasi dengan montir kendaraan ternyata bila telah mengetahui ilmu dasar-dasar cara kerja pompa oli / oil pump pada mobil tidak harus mengganti satu block, akan tetapi perbaiki onderdil yang rusaknya saja sehingga ongkos memperbaikinya juga tidak begitu besar.
Cara Kerja Pompa Oli Mesin Mobil
About
Cara Kerja Pompa Oli Mesin Mobil - written by Sri Mayanti , published at 23.08, categorized as Trik dan Cara
Comment disabled
Copyright ©2013 In-Bagus™
Some Rights Reserved Disclaimer | Privacy Police | Design by Pasar Harga